HOME
Home » Coretan » Tulisan Arab Jazaakallahu Khoiron

Tulisan Arab Jazaakallahu Khoiron

Posted at May 12th, 2017 | Categorised in Coretan

Lanjutan artikel sebelumnya (Makna Kalimat Jazaakallahu Khoiron), kami mencoba untuk menyajikan artikel selanjutnya yang berjudul “Tulisan Arab Jazaakallahu Khoiron“.

Sifatnya Jamak/Semua Memakai ‘Kum‘ :
Jaza-kumullah ( جَزَاكُمُ اللهُ ) : Semoga Allah Membalas kalian
Khairan  : Kebaikan
Sifatnya Tunggal ( Laki – Laki ) Memakai ‘ Ka
Jaza-kallah ( جَزَاكَ اللهُ )  : Semoga Allah Membalas-mu
Khairan  : Kebaikan
Sifatnya Tunggal ( Perempuan ) Memakai ‘ Ki
Jaza-killah ( جَزَاكَ اللهُ )  : Semoga Allah Membalas-mu
Khairan  : Kebaikan

Untuk lengkapnya setelah Jazakallah atau Jazakumullah harus ada penyebutan dalam hal apa Allah akan membalasnya. Jadi setelah Jazakallah atau Jazakumullah perlu ada kalimat berikutnya sebagai penjelasan yakni kalimat Khairan Katsiran (خَيْرًا كَثِيْرًا).

Khairan artinya kebaikan, sedangkan Katsiran artinya banyak, jadi Khairan Katsiran artinya kebaikan yang banyak. Sedangkan Ahsanal Jaza artinya balasan yang terbaik. Jadi arti dari “Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza” (جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا وَجَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء) adalah semoga Allah SWT akan membalas kalian dengan kebaikan yang banyak dan semoga Allah SWT akan membalas kalian dengan balasan yang terbaik.

Demikian pula ada bentuk kosakata yang berbeda untuk orang jamak (banyak orang) dari laki-laki atau wanita. Keterangan berikut insya Allah akan membantu kita untuk memahami kosakata yang benar dalam pengucapannya dapat dibagi menjadi:
Untuk Kamu Laki-laki Tunggal (ك-Ka) : 
جَزَا ك الله خَيْرًا كَثِيْرًا
Jadza-Kallah Khairan Katsiiraa
Artinya : “Semoga Allah Membelas-mu dengan kebaikan yang Banyak, جَزَ Jazaa = semoga memberi, menambah, membalas, كَ ka = engkau (lelaki tunggal), اللهُ Allah = Allah. Jadzakallah (اللهُ جَزَاكَ) artinya “semoga Allah akan memberi, menambahkan, membalasmu”, ini digunakan sebagai ungkapan rasa syukur & ucapan terima kasih atas kebaikan seseorang dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikannya (laki-laki, tunggal).
Untuk Kamu wanita Tunggal- (ك-ki) : 
جَزَا ك الله خَيْرًا كَثِيْرًا
Jadza-Killah Khairan katsiiraa
Artinya : “Semoga Alloh membalas-mu dengan kebaikan yang banyak”, جَزَ Jazaa = semoga memberi, menambah, membalas, ك ki = engkau (wanita tunggal), اللهُ Allah = Allah. Jadzakillah ( جَزَا ك اللهُ ) artinya “semoga Allah akan memberi/menambah/membalasmu”, ini digunakan sebagai ungkapan rasa syukur & ucapan terima kasih atas kebaikan seseorang dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikannya (wanita tunggal / kamu).
Untuk – laki-laki jamak – (كم-kum ) : 
 جَزَا كم الله خَيْرًا كَثِيْرًا
Jadza-Kumullah Khairan Katsiiraa
Artinya : “Semoga Allah Membalas-kalian dgn kebaikan yg banyak”. جَزَ Jazaa = semoga memberi, menambahkan, membalas, كم kum = kalian (jamak), اللهُ Allah = Allah. Jadzakumullah (اللهُ اكُمُ جَزَ) artinya semoga Allah akan memberi, menambahkan, membalasmu”, ini digunakan sebagai ungkapan rasa syukur & ucapan terima kasih atas kebaikan seseorang dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikannya mereka (laki-laki jamak/orang banyak).
Untuk – Perempuan Jamak- (كن-Kun) : 
خَيْرًا كَثِيْرًا جَزَا كن الله
Jadza-Kunallah Khairan Katsiiraa
Artinya : “Semoga Allah Membalas-kalian dgn kebaikan yg banyak”. جَزَ Jazaa = semoga memberi,menambah /membalas, كن kun = kalian perempuan (jamak), اللهُ Allah = Allah. Jadzakunallah (اللهُ َ جَزا كن ) artinya semoga Allah akan memberi, menambahkan, membalasmu”, ini digunakan sebagai ungkapan rasa syukur & ucapan terima kasih atas kebaikan seseorang dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikannya mereka (Perempuan jamak/orang banyak).
Untuk – laki-laki & perempuan jamak – (كم-kam ) : 
جَزَا كم الله خَيْرًا كَثِيْرًا 
Jadza-Kamallah Khairan Katsiiraa
Artinya : “Semoga Allah Membalas-kalian dgn kebaikan yg banyak”. جَزَ Jazaa = semoga memberi, menambahkan, membalas, كم kam = kalian (jamak), اللهُ Allah = Allah”. Jadzakumallah (اللهُ اكُمُ جَزَ) artinya semoga Allah akan memberi, menambahkan, membalasmu”, ini digunakan sebagai ungkapan rasa syukur & ucapan terima kasih atas kebaikan seseorang dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikannya mereka (laki-laki & Wanita jamak/orang banyak).
Dan bagaimanakah cara menjawabnya?
Menurut Syaikh Abdul Muhsin al-Abbad al-Badr yang lebih utama dalam menjawab kalimat ini ialah dengan mengulang kalimat tersebut (membalasnya dengan mengatakan) :
“ و جَزَا ك الله خَيْرًا كَثِيْرًا  ” (Wa Jadza-Kallah Khairan Katsiiraa /Wa Jadza-Killah Khairan Katsiiraa).atau cukup hanya dengan mengatakan:
“و جَزَا ك الله” (Wa Jadza-Kallah atau Wa Jadza-Killah).

Jika misalnya membalasnya hanya dg ucapan “وإياكم” (Wa iyakum) dan yang semisalnya adalah boleh-boleh saja, namun yang lebih utama adalah membalas dengan mengulang lafadz doa tersebut.

No comment for Tulisan Arab Jazaakallahu Khoiron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Tulisan Arab Jazaakallahu Khoiron

Selamat Datang Dunia

Posted at November 24, 2010

Setelah hampir dua tahun, akhirnya belajar cerdas dot com dapat terealisasi. Rencananya, di blog ini berisi informasi, artikel, tips dan trik tentang komputer, internet,... Read More

Join Us